Pengembangan Video Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aritmatika Sosial

Nurma, Sintia (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aritmatika Sosial. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan Video Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aritmatika Sosial”, yang dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dan guru dalam memilih media untuk menerapkan pembelajaran berorientasi higher order thinking skills (hots) pada mata pelajaran matematika sesuai tuntutan dari kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk melihat poses pembuatan media pembelajaran, mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan (research and deveploment). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D, yakni tahap pendefenisian (define), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrument yang digunakan dalam penelitian ialah lembar validasi untuk mengukur kevalidan media pembelajaran, lembar angket respon siswa, lembar angket respon guru dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Tanjung Balai Asahan berjumlah sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan dari media pembelajaran sebesar 0,90 dengan kategori tinggi. Untuk tingkat kepraktisan dari media pembelajaran berdasarkan angket respon guru sebesar 4,68 dengan kategori sangat baik dan angket respon siswa matematika sebesar 4,43 dengan kategori sangat baik. Tingkat keefektifan dari media pembelajaran berdasarkan hasil perhitungan N-Gain yaitu 68% menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan cukup efektif dalam kegiatan pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, kemampuan berpikir tingkat tinggi, 4-D
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Feb 2023 04:13
Last Modified: 17 Feb 2023 04:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17535

Actions (login required)

View Item View Item