Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Di Wilayah Kerja Puskesmas Sri Padang Kota Tebing Tinggi

Mawaddah, Penny (2022) Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Di Wilayah Kerja Puskesmas Sri Padang Kota Tebing Tinggi. Post-Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya remaja sebagai aset masa depan peradaban manusia ditunjukkan adanya beberapa indikator dalam Sustainable Development Goals (SDGs). Pada periode 2020-2035 Indonesia diperkirakan akan memasuki bonus demografi yakni keadaan dimana jumlah usia produktif jauh lebih besar. Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) adalah pelayanan kesehatan bagi remaja dengan standar yang berkualitas dalam fasilitas kesehatan. Permasalahan di wilayah kerja Puskesmas Sri Padang yaitu rendahnya jumlah partisipasi remaja untuk berkunjung, serta kurang aktifnya kader remaja dalam mengajak teman sebaya untuk memanfaatkan PKPR. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan program pelayanan kesehatan peduli remaja (PKPR) di puskesmas Sri Padang Kota Tebing Tinggi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini remaja madya dan akhir sebanyak 103 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Non Probability Sampling. Analisis data menggunakan uji statistic Chi- Square dengan nilai α=0,05. Hasil Penelitian menyatakan bahwa ada hubungan antara pengetahuan (p-value 0.002); sikap (p-value 0.005), dukungan keluarga (p- value 0.009), persepsi sakit (p-value 0.01) dengan pemanfaatan PKPR. Tidak ada hubungan antara usia (p-value 0.213); jenis kelamin (p-value 0.187); dukungan tenaga kesehatan (p-value 0.098) dengan pemanfaatan PKPR. Saran agar Puskesmas agr lebih meningkatkan upaya promotif kepada remaja yang tinggal di wilayah kerja puskesmas dan kader maupun remaja dapat mengajak, menyebarluaskan informasi kegiatan PKPR kepada teman-teman yang lain.

Jenis Item: Skripsi (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Faktor Yang Mempengaruhi, PKPR, Remaja.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:06
Last Modified: 17 Feb 2023 03:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17522

Actions (login required)

View Item View Item