Kerjasama Guru Bimbangan dan Konseling Dengan Wali Kelas Dalam Proses Pembelajaran Online Di SMK Negeri 1 Medan

Lubis, Windi Angreini (2022) Kerjasama Guru Bimbangan dan Konseling Dengan Wali Kelas Dalam Proses Pembelajaran Online Di SMK Negeri 1 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER WINDI ANGREINI LUBIS .pdf

Download (998kB)
[img] Text
BAB I WINDI ANGREINI LUBIS .pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB II Windi Angreini Lubis .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB III Windi Angreini Lubis .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB IV WINDI ANGREINI LUBIS .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V WINDI ANGREINI LUBIS .pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WINDI ANGREINI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keunikan dalam kegiatan pembelajaran secara online dengan melibatkan guru BK dan wali kelas dalam pelaksanaan belajar-mengajar menggunakan zoom meeting di masa pandemi covid-19, kegiatan belajar-mengajar dilakukan dengan pola kerjasama antara guru BK dan wali kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuibentuk kerjasama guru BK dengan wali kelas dalam proses pembelajaran Online, kerjasama yang dihadapi guru BK dengan wali kelas dan upaya untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru BK dengan wali kelas dalam proses pembelajaran Online di SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini bertempat diSMK Negeri 1 Medan. Metode pengumpulan data penelitian melalui dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Waktu penelitian dimulai dari penelitian awal pada tanggal 20 bulan Nopember2021 sampai pada tanggal 20 bulan Maret 2022. Hasil penelitian menjelaskan bahwa bentuk kerjasama guru BK dengan wali kelas dalam proses pembelajaran Online di SMK Negeri 1 Medan dilakukan dengan tiga praktik kerjasama, yakni; kerjasama primer, kerjasama sekunder, dan kerjasama tertier. Kerjasama yang dilakukan guru BK dengan wali kelas dalam proses pembelajaran Online di SMK Negeri 1 Medan dijabarkan pada bentuk catatan, yakni; a) catatan kehadiran siswa selama masa proses belajar-mengajar melalui media online, b) catatan ketidakhadiran siswa selama masa proses belajar-mengajar melalui media online, c) catatan keterlambatan siswa selama masa proses belajar-mengajar melalui media online. Upaya untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru BK dengan wali kelas dalam proses pembelajaran Online di SMK Negeri 1 Medan dilakukan dengan tiga pendekatan, yakni; a) pemberian motivasi, b) Menganalisis Kebutuhan Peserta didik, dan c) Menerapkan Tujuan layanan Konseling Melalui Pembelajaran Online

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kerjasama,Guru Bimbingan, Pembelajaran,Online
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:19
Last Modified: 16 Feb 2023 07:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17507

Actions (login required)

View Item View Item