Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Di MTs Yayasan Hutapungkut Kabupaten Mandailing Natal

Agustina, Fitri (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Di MTs Yayasan Hutapungkut Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Skiripsi Fitri.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB I Fitri (1).pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB II FITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
BAB III FITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] Text
BAB 4 Fitri Agustina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V fitri.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK Fitri Agustina.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “ Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Di MTs Yayasan Hutapungkut” yang dilatarbelakangi bahwa rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan, siswa masih kesulitan memahami maksud soal, mengidentifikasi unsur apa yang diketahui dan unsur yang ditanyakan, membuat model matematika, dan rencana penyelesaian siswa tidak terarah. Dan rendahnya disposisi matematis siswa dapat dilihat dari sikap siswa yang tidak percaya diri ketika diminta untuk mengemukakan pendapat dan menyelesaikan tugas yang diberikan saat dalam mengikuti proses pembelajaran terutama pembelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajarn discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis siswa di MTs Yayasan Hutapungkut. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen (quasi eksprimental design). Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Yayasan Hutapungkut dengan jumlah sampel 25 siswa kelompok eksperimen dan 25 siswa kelompok kontrol. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) model pembelajarn discovery learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2) model pembelajaran discovery learning memberikan pengaruh terhadap disposisi matematis siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:09
Last Modified: 16 Feb 2023 05:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17498

Actions (login required)

View Item View Item