Faktor yang berhubungan dengan tingkat kepatuhan karyawan gangguan listrik terhadap pelaksanaan SOP K3 di PT.PLN (Persero) ULP Tanjungbalai

Mangunsong, Novia Cani Lania (2022) Faktor yang berhubungan dengan tingkat kepatuhan karyawan gangguan listrik terhadap pelaksanaan SOP K3 di PT.PLN (Persero) ULP Tanjungbalai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER NCM.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I NCM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II NCM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III NCM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV NCM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V NCM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dftr Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepatuhan bila dilihat dari sisi dunia kerja, setiap tempat kerja formal maupun informal pasti mempunyai aturan ataupun prosedur kerja agar pekerja tersebut melaksanakan kerjanya dengan baik dan meminimalisir kejadian-kejadian kecelakaan di tempat kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan tingkat kepatuhan karyawan bagian gangguan listrik terhadap pelaksanaan SOP K3 di PT.PLN (Persero) ULP Tanjungbalai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 50 dan sampel sebanyak 50. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian gangguan listrik di PT.PLN(Persero) ULP Tanjungbalai dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Analisis menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan Kepatuhan SOP K3 (p value=0,022), terdapat hubungan signifikan antara sikap kerja dengan Kepatuhan SOP K3 (p value=0,007) dan tidak ada hubungan yang signifikan antara masa kerja dengan Kepatuhan SOP K3 (p value=0,010)Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap kerja dengan Kepatuhan SOP K3 sedangkan masa kerja tidak berhubungan dengan kepatuhan SOP K3. Dari hasil penelitian disarankan agar Lebih meningkatkan pengetahuan tentang SOP K3 yang ada pada perusahaan agar senantiasa tahu apa kegunaan dan manfaat dari sebuah SOP dan peralatan-peralatan yang akan digunakan. Meningkatkan lagi sikap positif untuk selalu mematuhi SOP K3 yang ada agar selalu selamat dan sehat dalam bekerja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, Pengetahuan, Sikap Kerja, Masa Kerja, SOP K3
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Feb 2023 04:00
Last Modified: 16 Feb 2023 04:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17488

Actions (login required)

View Item View Item