Kajian Penerapan Penggunaan APD Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Dalam Kasus COVID-19 di Puskesmas Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai

Hanum, Shafira (2021) Kajian Penerapan Penggunaan APD Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Dalam Kasus COVID-19 di Puskesmas Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (841kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : COVID-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Penyakit ini telah menjadi krisis kesehatan yang telah terjadi di seluruh dunia. Orang yang paling rentan terinfeksi virus ini adalah mereka yang berhubungan dekat dan merawat pasien COVID-19 yaitu petugas kesehatan. Metode : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan alat pelindung diri terhadap keselamatan kerja pada petugas UPT Puskesmas Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel ini menggunakan total sampling di mana melibatkan seluruh petugas puskesmas Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan wawancara terhadap petugas puskesmas. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa petugas puskesmas Sipispis memiliki pengetahuan yang baik dalam menggunakan APD sebanyak 75.5%. Petugas puskesmas juga memiliki sikap yang baik dalam menggunakan APD yaitu sebanyak 60%. Perilaku penerapan penggunaan APD pada petugas puskesmas tergolong baik yaitu 65%. Alasan petugas puskesmas saat tidak menggunakan APD yaitu dikarenakan sudah terbiasa sebanyak 40%. Alasan untuk menggunakan APD saat bekerja dikarenakan menjaga keselamatan diri sebanyak 45%. Dan ketersediaan APD di puskesmas sendiri menunjukkan baik yaitu 52,5%. Kesimpulan : Sebagian besar petugas Puskesmas Sipispis sudah menerapkan penggunaan APD yang baik saat bekerja serta memiliki ketersediaan APD yang baik namun masih belum lengkap. Saran : Diharapkan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang dapat melindungi tenaga kesehatan dan non medis di fasilitas kesehatan dari infeksi virus COVID-19, serta program dan kebijakan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur, dapat ditingkatkan. Pencegahan COVID-19 dapat ditularkan antara petugas kesehatan dan non-petugas kesehatan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Penerapan APD, Petugas Puskesmas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Feb 2023 05:19
Last Modified: 15 Feb 2023 05:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17479

Actions (login required)

View Item View Item