Telaumbanua, Rafiqah Febby Andini (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Change of Pairs dan Tipe Student Team Achevement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER FIX RAFIQAH.pdf Download (790kB) |
|
Text
BAB 1 FIX.pdf Download (432kB) |
|
Text
BAB 2 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
|
Text
BAB 3 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
|
Text
BAB 4 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
|
Text
BAB 5 FIX.pdf Download (380kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Change of Pairs dan tipe Student Team Achievement Divison (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Medan dengan sampel yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII A (kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Change of Pairs) sebanyak 30 orang dan kelas VII B (kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD) sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar tes. Analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t test dan uji independent t test. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Change of Pairs terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan dan nilai rata- rata (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan dan nilai rata-rata Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Change of Pairs dan tipe STAD dimana . Jika dilihat dari nilai rata-rata post test pada kedua kelompok kelas tersebut maka nilai rata-rata kelas eksperimen I yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Change of Pairs lebih baik daripada kelas eksperimen II yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif tipe Change of Pairs, STAD, Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 04:11 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 04:11 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17466 |
Actions (login required)
View Item |