Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Pendekatan Teacher Centered Learning (TCL) dan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) Kelas XI IPA MAN Pematangsiantar

Hasibuan, Wardah Hafifah (2022) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Pendekatan Teacher Centered Learning (TCL) dan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) Kelas XI IPA MAN Pematangsiantar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI WARDAH.pdf

Download (929kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI (WARDAH HAFIFAH HASIBUAN).pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI (WARDAH HAFIFAH HASIBUAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI (WARDAH HAFIFAH HASIBUAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI (WARDAH HAFIFAH HASIBUAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI (WARDAH HAFIFAH HASIBUAN).pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN SKRIPSI (WARDAH HAFIFAH HASIBUAN).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan pendekatan teacher centered learning (TCL) dan pendekatan student centered learning (SCL) kelas XI IPA MAN Pematangsiantar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas XI IPA MAN Pematangsiantar yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 203 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 dan XI IPA 5 yang masing-masing berjumlah 36 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep, dan kemampuan penalaran matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan pendekatan teachercentered learning dan student centered learning. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil uji F pada rangkuman hasil uji ANAVA sebelumnya, diperoleh nilai = 103,8447 dan diketahui nilai pada pada taraf ( = 3,9168. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan pendekatan teacher centered learning dan student centered learning. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil uji F pada rangkuman hasil uji ANAVA sebelumnya, diperoleh nilai = 41,5007 dan diketahui nilai pada pada taraf ( ) = 3,978. 3) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan pendekatan teacher centered learning dan student centered learning. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil uji F pada rangkuman hasil uji ANAVA sebelumnya, diperoleh nilai = 63,90798 dan diketahui nilai pada pada taraf ( ) = 3,978.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:55
Last Modified: 15 Feb 2023 03:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17465

Actions (login required)

View Item View Item