Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Pekerja Pengguna Komputer Di Dinas Pencegah Dan Pemadam Kebakaran Kota Medan

Kurniawan, Wawan (2022) Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Pekerja Pengguna Komputer Di Dinas Pencegah Dan Pemadam Kebakaran Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kelelahan mata merupakan keluhan yang sering ditemukan pada pekerja komputer, Kondisi ini juga ditemukan pada pekerja pengguna komputer di Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kelelahan mata pada pekerja pengguna komputer. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Cross Sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai Agustus 2022 dengan sampel pekerja pengguna komputer sebanyak 45 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran dan wawancara dengan kuesioner. Analisis data menggunakan uji chi-square dan uji multivariate. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu ada hubungan antara usia (P-value = 0,037), durasi penggunaan komputer (P-value = 0,027), intensitas pencahayaan (P-value = 0,019) dengan keluhan kelelahan mata, Tidak ada hubungan antara jarak mata ke monitor (P- value = 1,000) dengan kelelahan mata. Faktor yang paling dominan mempengaruhi keluhan kelelahan mata yaitu durasi penggunaan komputer dengan (P-value = 0,033 dan OR = 5.753) dan intensitas pencahayaan dengan (P-value = 0,036 dan OR = 8.753). Diharapkan pihak perusahaan memberikan pengarahan tentang cara melakukan istirahat mata yang efektif, posisi kerja yang benar khususnya pekerja pengguna komputer, mendesain penerangan di area tempat kerja serta pemeriksaan mata secara berkala untuk mencegah penyakit akibat kerja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Usia, Jarak, Durasi, Pencahayaan, Kelelahan, Mata
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:47
Last Modified: 15 Feb 2023 03:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17464

Actions (login required)

View Item View Item