Penggunaan Media Pembelajaran Benda Konkret untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas III SD Negeri 101747 Klumpang Kebun Kab. Deli Serdang

Sinaga, Yusra Amalia (2022) Penggunaan Media Pembelajaran Benda Konkret untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas III SD Negeri 101747 Klumpang Kebun Kab. Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER YUSRA AMALIA SINAGA FIX.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB I YUSRA AMALIA SINAGA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II YUSRA AMALIA SINAGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III YUSRA AMALIA SINAGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV YUSRA AMALIA SINAGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V YUSRA AMALIA SINAGA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA YUSRA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Penggunaan Media Pembelajaran Benda Konkret Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas III SD Negeri 101747 Klumpang Kebun Kab. Deli Serdang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan persiapan, pelaksanaan, hasil belajar, serta hambatan dan solusi penggunaan media pembelajaran benda konkret pada mata pelajaran matematika kelas III SD Negeri 101747 Klumpang Kebun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain deskriptif kualitatif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang- orang dan perilaku yang dapat diamati. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui tiga metode yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) perencanaan dan persiapan yang dilakukan yaitu mempersiapkan RPP, media benda konkret, metode dan strategi pembelajaran 2) pelaksanaan pembelajaran sudah berjalan dengan baik dan optimal 3) hasil belajar siswa dengan media benda konkret sangat baik dan memuaskan 4) hambatan yang ditemukan yaitu kesulitan penyusunan RPP, siswa tidak fokus dalam pembelajaran matematika, dan keterbatasan media yang disediakan dari pihak sekolah. Adapun solusi yang dilakukan yaitu dengan mengikuti seminar RPP mengenai benda konkret, memberikan motivasi kepada siswa agar lebih semangat belajar dan guru menggunakan metode mengajar yang melibatkan siswa agar proses pembelajarannya tidak pasif, dan guru mempersiapkan media benda konkret dari rumah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Benda Konkret, Media Pembelajaran, Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2023 08:33
Last Modified: 14 Feb 2023 08:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17442

Actions (login required)

View Item View Item