Strategi Kepala Sekolah Dalam meningkatkan Kualitas Belajar Selama Pandemi Covid-19, Di SMA Islam Al-Ulum Terpadu

Syah, Rizky Fahdillah (2022) Strategi Kepala Sekolah Dalam meningkatkan Kualitas Belajar Selama Pandemi Covid-19, Di SMA Islam Al-Ulum Terpadu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover-1.pdf

Download (909kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terhadap permasalahan kualiatas pembelajaran dimasa pandemi Covid-19, juga strategi kepala sekolah di dalam mengelola pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 yang terdapat pada SMA Islam Al-Ulum Terpadu. Penelitian ini adalah jenis penelitian analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, Wakil kepala sekolah, guru dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah menganalisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Untuk menguji validitas data dilakukan uji; (1) kredibilitas (credibility); (2) keteralihan (transferability); (3) ketergantungan (dependability) dan (4) kepastian (confirmability). Temuan penelitian ini yaitu: pertama upaya kepala sekolah didalam mengatasi penurunan kualitas belajar dimasa pandemi Covid-19 di SMA Islam Al-Ulum Terpadu dengan megadakan pelatihan khusus kepada guru-guru dalam mengelola media sosial sebagai sarana pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Kedua adapun faktor pendukung keberhasilan meningkatkan kualitas belajar di SMA Islam Al-Ulum Terpadu ialah sekolah memiliki sarana dan prasarana yang memadai guna menunjang keefektifan pembelajaran, baik koneksi internet, komputer, infokus yang bisa dimanfaatkan para guru dan siswa didalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, ketiga adapun faktor penghambatnya ialah tidak tercapainya silabus pembelajaran, hal ini dikarenakan perubahan gaya belajar mengajar pada masa pandemi Covid-19 yang membuat guru dan siswa harus berdaptasi terlebih dahulu. Simpulan pada penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi di sebuah sekolah harus terampil didalam mengelola sekolah dalam situasi dan kondisi apapun, karna keberhasilan pendidikan tak lepas dari peran penting kepala sekolah didalam memanajemen sebuah sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepala Sekolah, kualitas belajar masa Covid-19.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:32
Last Modified: 14 Feb 2023 03:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17420

Actions (login required)

View Item View Item