Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA MIS Al-Washliyah Medan Krio

Dewi, Widyanti Pupita (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA MIS Al-Washliyah Medan Krio. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Widya.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB I Widya.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB II Widya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB III Widya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV Widya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB V Widya.pdf

Download (60kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Widya.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa MIS Al-Washliyah Medan Krio” yang dilatarbelakangi bahwa siswa belum memahami materi perubahan lingkungan pada mata pelajaran IPA yang di ajarkan oleh guru, karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional atau metode ceramah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperiment dalam bentuk Quasi Eksperiment (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siwa kelas V MIS Al-Washliyah Medan Krio dengan jumlah sample 30 kelas eksperimen yaitu kelas V-C dan 30 kelas kontrol yaitu kelas V-B. Instrument pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V MIS Al-Washliyah Medan Krio, menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata nilai dari post-test kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 71,666. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model konvensional adalah 65,833. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan nilai signifikan bahwa thitung > ttabel (3,698 > 1,671), maka dalam penelitian ini HO ditolak dan Ha diterima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Kuantitatif, Model Pembelajaran Problem Based Learning, IPA.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:54
Last Modified: 13 Feb 2023 04:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17404

Actions (login required)

View Item View Item