Upaya Guru BK Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Bahasa Sarkasme Dilingkungan Sekolah SMP Muhammadiyah 17 Desa Pon

Nst, Chairurizka Ghafany (2022) Upaya Guru BK Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Bahasa Sarkasme Dilingkungan Sekolah SMP Muhammadiyah 17 Desa Pon. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (909kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LENGKAP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan yang berjudul "Upaya Guru BK Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Bahasa Sarkasme Dilingkungan Sekolah SMP Muhammadiyah 17 Desa Pon". Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling disekolah SMP Muhammadiyah 17 Desa Pon, 2) Mendeskripsikan faktor penghambat dalam mengurangi bahasa sarkasme dilingkungan sekolah SMP Muhammadiyah 17 Desa Pon, 3) Mendeskripsikan upaya guru BK dalam memberikan layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi bahasa sarkasme dilingkungan sekolah SMP Muhammadiyah 17 Desa Pon. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan subjek yang dapat disebut kepala sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling, wali kelas, dan siswa. Tujuannya memilih informan tersebut agar dapat mengetahui, merasakan dan memahami secara langsung permasalahan yang sedang terjadi dilingkungan sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa upaya guru BK dalam memberikan layanan bimbingan kelompok dilakukan oleh Guru Bimbingan dan Konseling agar siswa dapat menjadi lebih terarah dan terbimbing dengan baik. Layanan bimbingan kelompok memberikan perubahan yang positif sehingga siswa sudah mengurangi bahasa sarkasme dilingkungan sekolah, yang awalnya siswa sering menggunakan bahasa sarkasme dilingkungan sekolah setelah diberikan layanan siswa dapat mengetahui, memahami dan mengaplikasikan apa yang sudah diberikan arahan dari Guru Bimbingan dan Konseling.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru BK, Bahasa Sarkasme, Bimbingan Kelompok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:04
Last Modified: 10 Feb 2023 04:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17370

Actions (login required)

View Item View Item