Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Bahaya Bullying Melalui Bimbingan Kelompok di SMA NEGERI 16 Medan

Harahap, Nurul Fadillah (2022) Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Bahaya Bullying Melalui Bimbingan Kelompok di SMA NEGERI 16 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
NURUL FADILLAH HRP Cover skripsi 1.pdf

Download (616kB)
[img] Text
NURUL FADILLAH HRP BAB I 1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
NURUL FADILLAH HRP BAB II 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
NURUL FADILLAH HRP BAB III 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
NURUL FADILLAH HRP BAB IV 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
NURUL FADILLAH HRP BAB V 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
NURUL FADILLAH HRP DAFTAR PUSTAKA 1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Bullying. Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Bahaya Bullying Melalui Bimbingan Kelompok Di SMA NEGERI 16 MEDAN”, yang dilatarbelakangi maraknya kasus bullying yang terjadi baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat dan juga rendahnya pemahaman siswa tentang bahaya bullying. Metodologi penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Populasi penelitiannya yaitu siswa SMA NEGERI 16 MEDAN yang beralamatkan di jalan Kapten Rahmad Buddin Kel. Terjun, Kec. Medan Marelan kota Medan dengan jumlah sampel 30 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Alat pengolah data validitas menggunakan SPSS Statistics 26. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan secara deskriptif berdasarkan hasil angket, observasi, wawancara serta dokumentasi untuk mengetahui adanya perubahan tingkatan pemahaman siswa tentang bahaya bullying melalui bimbingan kelompok dapat dilihat dari beberapa persen tingkat keberhasilan yang dicapai. Dengan dilakukannya layanan bimbingan kelompok di SMA NEGERI 16 MEDAN telah berhasil membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya Bullying. Untuk itu hasil penelitian mengungkapkan bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman siswa tentang bahaya bullying melalui bimbingan kelompok.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Bullying.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 Feb 2023 08:46
Last Modified: 09 Feb 2023 08:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17356

Actions (login required)

View Item View Item