Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Berpikir Kritis Matematis yang Diajar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Dan Science, Technology, Engineering And Mathematics

Sitompul, Nurlianti Hasanah (2022) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Berpikir Kritis Matematis yang Diajar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Dan Science, Technology, Engineering And Mathematics. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN_Nurlianti.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB I_Nurlianti.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB II_Nurlianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_Nurlianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_Nurlianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_Nurlianti.pdf

Download (402kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN_Nurlianti.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kritis matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran Problem Based Learningdan Science, Technology, Engineering And Mathematicsi” kelas X SMA negeri 1 Tanjung Morawa tahun pelajaran 2021-2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MIA 215 siswa dan sampelnya 72 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) dua arah. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih baik diajar dengan pembelajaran PBL dibanding dengan pembelajaran STEM diperoleh nilai Fhitung= 25,871 > nilai Ftabel =3,978 pada taraf α = 0,05. 2) kemampuan berpikir kritis matematis siswa lebih baik diajar dengan pembelajaran STEMdibanding dengan pembelajaran PBL diperoleh nilai Fhitung= 36,518 > nilai Ftabel =3,978 pada taraf α = 0,05. 3) Terdapat pengaruhinteraksi yang signifikanantarapembelajaran PBL dan STEM terhadapkemampuanpemecahanmasalah matematis dankemampuanberpikirmatematissiswadiperoleh nilai Fhitung= 13,969 > nilai Ftabel =3,09 pada taraf α = 0,05.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan berpikir kritis matematis, Pembelajaran PBL, Pembelajaran STEM.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 Feb 2023 08:35
Last Modified: 09 Feb 2023 08:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17354

Actions (login required)

View Item View Item