Analisis Buku Teks Pembelajaran Biologi SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Berdasarkan Literasi Ilmiah Di Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas

Pulungan, Erlinda Marito (2022) Analisis Buku Teks Pembelajaran Biologi SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Berdasarkan Literasi Ilmiah Di Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVERR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (439kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat literasi ilmiah buku teks pelajaran Biologi SMA kelas XI berdasarkan tema literasi ilmiah dan secara khusus penelitian ini menekankan pada dimensi literasi ilmiah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode (content analysis).data penilaian terhadap literasi ilmiah dikumpulkan dengan menganalisis setiap bab pada buku teks biologi. Analisis data dilakukan dengan metode dokumentasi Hasil penelitian pada kedua buku menunjukkan bahwa literasi sains sebagai jalan investigasi menjadi dimensi yang paling dominan muncul pada buku I sebesar 62.5% sedangkan pada buku II sebesar 60%. Dimensi sains sebagai batang tubuh pengetahuan proporsinya lebih banyak pada buku I yaitu sebesar 60%. Sedangkan pada buku II 50%. Sedikit sekali bagian yang menekankan dimensi sains sebagai jalan berpikir dengan rata-rata persentase pada buku I sebesar 40%, sedangkan pada buku II sebesar 32.5% . Dimensi sains dan interaksinya dengan teknologi dan masyarakat muncul paling sedikit dan kurang ditekankan pada kedua buku dengan jumlah rata-rata sebesar 25%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingakat literasi ilmiah buku teks pelajaran biologi SMA kelas XI yang digunakan di Kecamatan Barumun cukup baik sesuai dengan kriteria penilaian.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Ilmiah, Buku Teks Pelajaran Biologi SMA, Analsis Isi (Content analysis)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:39
Last Modified: 09 Feb 2023 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17352

Actions (login required)

View Item View Item