Hasibuan, Lidiya Sari (2022) Peran Guru BK dalam Mengatasi Siswa Kecanduan Game Online Higgs Domino (Scatter) di SMK N 1 Barumun Kabupaten Padang Lawas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
skripsi cover.pdf Download (376kB) |
|
Text
BAB I skripsi.pdf Download (315kB) |
|
Text
BAB II skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (874kB) |
|
Text
BAB III skripsii.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
|
Text
BAB IV skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) |
|
Text
BAB V skripsi.pdf Download (211kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui penyebab siswa kecanduan game online higgs domino (scatter) di SMK N 1 Barumun Kabupaten Padang Lawas. 2) Untuk mengetahui peran yang dilakukan guru BK dalam mengatasi siswa kecanduan game online higgs domino (scatter) di SMK N 1 Barumun Kabupaten Padang Lawas. 3) Untuk mengetahui hambatan dan tantangan guru BK dalam mengatasi siswa kecanduan game online higgs domino (scatter) di SMK N 1 Barumun Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sabjek penelitian ini adalah siswa dan guru BK. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data dilakukan berdasarkan analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian: 1) Penyebab siswa kecanduan game online higgs domino (scatter) ialah awalnya siswa merasa penasaran dan keingin tahuan yang besar dengan game, faktor lingkungan dan teman sebaya. 2) Peran guru BK dalam mengatasi siswa kecanduan game online higgs domino (scatter) yaitu guru BK pertama melakukan pemahaman terhadap siswa, guru BK memberikan pengentasan melalui layanan bimbingan dan konseling yaitu layanan konseling individu dan layanan informasi mengenai bahayanya terlalu sering memainkan game online dan penanganannya. 3) Hambatan dan tantangan guru BK dalam mengatasi siswa kecanduan game online higgs domino (scatter) yaitu siswa yang pasif ketika ditanyai, kurangnya kerjasama dengan orang tua siswa, fasilitas dan waktu yang kurang memadai. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka penyebab siswa kecanduan game online higgs domino (scatter) ialah siswa merasa penasaran dan keingin tahuan yang besar, serta faktor lingkungan dan teman sebaya. Peran guru BK dalam mengatasi siswa kecanduan game online higgs domino (scatter) yaitu guru BK pertama melakukan pemahaman terhadap siswa, memberikan pengentasan. yaitu melalui layanan bimbingan dan konseling yaitu layanan konseling individu dan layanan informasi. Hambatan dan tantangan guru BK dalam mengatasi siswa kecanduan game online higgs domino (scatter) di SMK N 1 Barumun Padang Lawas yaitu siswa yang pasif ketika ditanyai, kurangnya kerjasama dengan orang tua siswa, fasilitas dan waktu yang kurang memadai
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru BK, Kecanduan Game Online |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 08:29 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 08:40 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17336 |
Actions (login required)
View Item |