Upaya Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran STEAM di TK Madinah Safitri

Rahmah, Khaifah (2022) Upaya Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran STEAM di TK Madinah Safitri. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER -DAFTAR ISI KAIFAH.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI KAIFAH.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI KAIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI KHAIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI KAIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN SKRIPSI KAIFAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konsentrasi adalah fokus perhatian terhadap materi pelajaran yang di berikan oleh guru pada siswa. Konsentrasi pada anak usia dini yaitu dimana anak tersebut dapat fokus terhadap kegiatan yang sedang dilakukannya, seperti memperhatikan guru saat menjelaskan materi, merespon, menjawab pertanyaan dari guru termasuk konsentrasi pada anak usia dini. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pembelajaran STEAM dapat meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di TK Madinah Sfitri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas dengan model kemmis dan mc. Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dianggap berhasil apabila 80% anak, tingkat konsentrasinya berada kriteria Berkembang sangat baik (BSB) dan Berkembang sesuai harapan (BSH) Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif komperatif yaitu membandingkan hasil persentase pencapaian setiap anak dengan persentase keberhasilan yang telah ditemukan penulis pada setiap siklusnya dan analisis interaktif yaitu analisis dimulai dari awal sampai berakhirnya pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan konsentrasi anak melalui pembelajaran STEAM. Peningkatan konsentrasi anak pada pra siklus mencapai 8,33%, Siklus I meningkat mencapai 50%, Siklus II meningkat mencapai 83,33%. Selain itu dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting dalam peningkatan konsentrasi anak melalui pembelajaran STEAM ini. Dengan demikian dapat terbukti bahwa penerapan pembelajaran STEAM dapat meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di TK Madinah Safitri.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi, Pembelajaran STEAM.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:19
Last Modified: 07 Feb 2023 06:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17327

Actions (login required)

View Item View Item