Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Mis Nurul Huda Desa Denai Sarang Burung Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2020/2021

Damanik, Maulidya Hasanah (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Mis Nurul Huda Desa Denai Sarang Burung Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2020/2021. Other thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover dll maulidya.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 pdf.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
BAB III pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
BAB IV pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
BAB V pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPA, (2) untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPA, (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sesudah menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPA, di kelas IV MIS Nurul Huda Desa Denai Sarang Burung Lubuk Pakam. Penelitan ini menggunakan jenis Penelitian kuantitatif yaitu menggunakan kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa/i kelas IV MIS Al Nurul Huda Desa Denai Sarang Burung Lubuk Pakam. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sebelum menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari soal Hasil Pretest yaitu rata-rata 61,66. (2) Penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPA di Kelas IV MIS Nurul Huda Desa Denai Sarang Burung Lubuk Pakam membuat siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam belajar IPA. Hal ini terlihat dari hasil belajar IPA siswa setelah mengerjakan soal post tes yaitu 86,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap Hasil Belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas IV Di MIS Nurul Huda Desa Denai Sarang Burung Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2021/2022.

Jenis Item: Skripsi (Other)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:58
Last Modified: 03 Feb 2023 03:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17306

Actions (login required)

View Item View Item