Pengaruh Metode Al-Hira’ Dan Membaca Terbimbing Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa/I Madrasah Sanawiah (Ms) Swasta Maura El-Mumtaz Binjai

Ahfadh, Zuhri (2022) Pengaruh Metode Al-Hira’ Dan Membaca Terbimbing Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa/I Madrasah Sanawiah (Ms) Swasta Maura El-Mumtaz Binjai. Other thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER TESIS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Al-Hira’ dan metode membaca terbimbing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa/i Madrasah Sanawiah (MS) Swasta Maura El-Mumtaz Binjai, serta untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode Al-Hira’ dan metode membaca terbimbing terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa/i Madrasah Sanawiah (MS) Swasta Maura El-Mumtaz Binjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Normalitas dengan rumus liliefors, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode Al-Hira’ memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa/i Madrasah Sanawiah (MS) Swasta Maura El-Mumtaz Binjai, dibuktikan dari hasil nilai pretest sebesar 35,75 sedangkan hasil nilai posttest sebesar 42,62. (2) Metode membaca terbimbing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa/i Madrasah Sanawiah (MS) Swasta Maura El-Mumtaz Binjai dengan hasil nilai pretest sebesar 35,58, dan nilai posttest sebesar 40,70. (3) Terdapat perbedaan pengaruh metode Al-Hira’ dan metode membaca terbimbing terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa/i Madrasah Sanawiah (MS) Swasta Maura El-Mumtaz Binjai, dimana hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t, yaitu hasil thitung > ttabel (4,553 > 2,069) yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak, maka terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa/i yang diajar dengan metode Al-Hira’ lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa/i yang diajar dengan metode membaca terbimbing.

Jenis Item: Skripsi (Other)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:43
Last Modified: 31 Jan 2023 06:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17155

Actions (login required)

View Item View Item