Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 0602 Matondang Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Wirda Juniati (2022) Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 0602 Matondang Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover WIRDA.pdf

Download (958kB)
[img] Text
BAB I WIRDA.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB II WIRDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB III WIRDA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV WIRDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB V WIRDA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WIRDA NEW.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apa saja peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas 2) Untuk mengetahui kendala apa saja yang ditemui guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas, dan 3) Untuk mengetahui upaya guru dalam menyikapi kendala yang ditemui dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif karena memenuhi prosedur penelitian berupa kata-kata secara langsung dari informan dilapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi dilapangan. Wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru kelas II-A, dan salah satu orang tua peserta didik di SD Negeri 0602 Matondang dengan instrumen kertas yang berisi daftar pertanyaan dan handphone untuk merekam hasil wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas adalah guru berperan sebagai pendidik, sebagai pengajar,sebagai konselor, sebagai evaluator, sebagai kreator pembelajaran, dan sebagai model dan teladan. Guru juga menemui beberapa kendala dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu tidak adanya ketertarikan siswa dalam belajar, siswa belum terbiasa dengan pembelajaran tatap muka terbatas, dan siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Adapun beberapa upaya yang dilakukan guru dalam menyikapi kendala tersebut adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menyiapkan metode dan media belajar yang menarik, memberikan reward atau penghargaan kepada siswa yang berhasil, selalu mendukung siswa dalam kegiatan yang positif dan menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Jan 2023 05:26
Last Modified: 31 Jan 2023 05:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17152

Actions (login required)

View Item View Item