Pratiwi, Dwika (2022) Implementasi Permainan Monraked Berkarakter Islami Dalam Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis Anak Di Ra Ummul Qura Stabat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
DWIKA COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
DWIKA BAB I.pdf Download (277kB) |
|
Text
DWIKA BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
|
Text
DWIKA BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
Text
DWIKA BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
|
Text
DWIKA BAB V.pdf Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA dwi.pdf Download (748kB) |
Abstract
Kecerdasan logis matematis merupakan kecerdasan dengan menggunakan pola pikir yang dapat memecahkan suatu masalah, kemampuan mengenal angka dengan baik dan melakukan penalaran dengan benar, menggunakan pola-pola dan aturan, sedangkan Monraked merupakan permainan atau media pembelajaran logis matematis yang asyik dan menyenangkan, aman digunakan oleh anak-anak dapat dipakan kapan dan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan logis matematis anak usia dini, implementasi permainan monraked berkarakter islami dalam meningkatkan kecerdasan logis matematis anak usia dini, serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kecerdasan logis matematis anak usia dinni melalui permainan monraked (monopoli raksasa edukatif) berkarakter islami di RA Ummul Qura Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan subjek 15 orang anak dan 2 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa: 1) Implementasi permainan Monraked berkarakter Islami dalam meningkatkan kecerdasan logis matematis anak usia dini di RA Ummul Qura Stabat yakni terdapat 7 anak yang telah berkembang sangat baik kecerdasan logis matematisnya melalui permainan Monraked berkarakter Islami, 6 anak yang telah berkembang sesuai harapan dan 2 anak mulai berkembang. Data ini menunjukkan hasil yang baik dalam peningkatan kecerdasan logis matematis anak di RA Ummul Qura Stabat. 2) Tahapan saat menggunakan permianan monraked berkarakter islami yakni membuat rencana pembelajaran harian (RPPH), guru menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam kegiatan, guru menjelaskan terlebih dahulu peraturan permainan, guru memberikan dukungan dan semangat penuh kepada anak, guru menanyakan soal dan anak menjawab sesuai pertanyaan yang diajukan. 3) Faktor pendukung dan penghambat kecerdasan logis matematis anak usia dini melalui permainan Monraked (Monopoli raksasa edukatif) berkarakter islami di RA Ummul Qura Stabat berasal dari internal yakni minat dan bakat anak, serta faktor eksternal berupa pola asuh orang tua dan lingkungan sekitar anak.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan logis matematis, monraked berkarakter islami, anak usia dini |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 04:46 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 04:46 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17146 |
Actions (login required)
View Item |