Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Viii Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tanjung Balai

Ramadhani, Fitra (2022) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Viii Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tanjung Balai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
COVER FITRA.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB I FITRA.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB II FITRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III FITRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV FITRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V FITRA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FITRA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 10 Tanjung Balai dan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Tanjung Balai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitiannya yaitu peneliti itu sendiri, yang diharapkan dapat melengkapi data yang ditemukan melalui observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 10 Tanjung Balai terdapat faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dan berkaitan murni dari dalam diri siswa itu sendiri, faktor eksternal merupakan faktor yang berkaitan dan berasal dari luar diri siswa. Upaya guru dalam menangani kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 10 Tanjung Balai,sebagai berikut:a. Menganalisis dan menelaah bagian-bagian masalah dan melaksanakan program perbaikan untuk proses pembelajaran yang lebih baik lagi b. Mengidentifikasi dan menentukan bidang kecakapan tertentu yang memerlukan perbaikan untuk meminimalisir kesulitan belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:52
Last Modified: 31 Jan 2023 04:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17122

Actions (login required)

View Item View Item