Analisis Program Paket Gizi Spesifik Dalam Pencegahan Stunting Di Wilayah Kerja Puskesmas Secanggang Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat

Nasution, Rizki Fadilah (2022) Analisis Program Paket Gizi Spesifik Dalam Pencegahan Stunting Di Wilayah Kerja Puskesmas Secanggang Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover fadilah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I fadilah.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II fadilah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III fadilah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV fadilah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V fadilah.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA fadilah.pdf

Download (943kB)

Abstract

Stunting atau pendek merupakan salah satu indikator untuk mengukur status gizi kronik yang menghambat pertumbuhan dan disebabkan oleh malnutrisi jangka panjang. Upaya pencegahan kegiatannya adalah: (1) Memberi makanan pendamping ASI (2) Memberi obat cacing, (3) pemberian suplementasi zink, (4) pemberian imunisasi lengkap, (5) pencegahan dan pengobatan diare, (5) pencegahan demam berdarah dan malaria. Pencegahan stunting dilakukan melalui intervensi gizi yang terpadu, mencakup intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif. Kabupaten Langkat adalah daerah dengan masalah stunting yang masih menjadi perhatian dalam skala nasional dan lokal serta masuk dalam 100 kab/kota untuk penanganan program intervensi gizi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus dikarenakan masih selalu terdapatnya kasus stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Secanggang Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat. Hasil penelitian ini adalah pola makan yang diberikan orangtua sudah cukup baik, dan pemberian makanan pemulihan bagi anak gizi kurang tambahan sudah diberikan oleh puskesmas. Namun, masyarakat tidak semua mengkonsumsi makanan tambahan yang diberikan oleh puskesmas. Pusat kesehatan masyarakat masih belum maksimal dalam mensosialisasikan ke masyarakat sehingga masih ada sebagian masyarakat yang tidak mengerti bagaimana cara penurunan stunting.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Paket Gizi Spesifik, Pencegahan Stunting
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:58
Last Modified: 30 Jan 2023 07:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17111

Actions (login required)

View Item View Item