Kreativitas Generasi Milenial Dalam Pelatihan Komputerisasi Bagi Anak-Anak Pinggiran Sungai Sei Kera di Rumah Kreatif Anak Medan.

Nasution, Dinda Yunita (2022) Kreativitas Generasi Milenial Dalam Pelatihan Komputerisasi Bagi Anak-Anak Pinggiran Sungai Sei Kera di Rumah Kreatif Anak Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DINDA YUNITA NASUTION.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I DINDA YUNITA NASUTION.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB II DINDA YUNITA NASUTION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III DINDA YUNITA NASUTION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV DINDA YUNITA NASUTION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V DINDA YUNITA NASUTION.pdf

Download (242kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DINDA YUNITA NASUTION.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk, hambatan, beserta dampaknya dalam kreativitas komunitas generasi milenial dalam pelatihan komputerisasi bagi anak-anak pinggiran sungai Sei Kera di Rumah Kreatif Anak Medan. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian terdiri dari dua orang pengurus, satu orang guru tutor komputer, dan tiga orang anak didik Rumah Kreatif Anak Medan dengan cara purposive sampling. Alat pengumpulan data dilakukan melalui tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa bentuk-bentuk kreativitas komunitas generasi milenial dalam pelatihan komputerisasi bagi anak-anak pinggiran sungai Sei Kera di Rumah Kreatif Anak Medan, yaitu sebagai berikut: menerapkan sebuah pengoperasian teknik menggambar bangunan dalam sistem software autocad, menerapkan pengoperasian dalam perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan dan akuntansi, serta melakukan penerapan dalam mengoperasikan Microsoft Excel maupun Microsoft word tingkat basic ataupun intermadite. Peneliti juga menemukan hambatan-hambatan yang di hadapi Rumah Kreatif Anak Medan terhadap kreativitas komunitas generasi milenial dalam pelatihan komputerisasi bagi anak-anak pinggiran sungai, yaitu: faktor Sumber Daya Manusia (SDM), serta faktor kurang tersedianya fasilitas komputer, dimana Rumah Kreatif Anak Medan ini sangat membutuhkan donasi dari para donatur sehingga terpenuhinya fasilitas komputer yang memadai. Peneliti juga menemukan dampak dalam menciptakan kreativitas komunitas generasi milenial dalam pelatihan komputerisasi bagi anak-anak pinggiran sungai Sei Kera di Rumah Kreatif Anak Medan, yaitu dengan adanya program pemberdayaan pelatihan komputerisasi pada anak pinggiran sungai Sei Kera ini menjadikan mereka semakin memiliki ilmu tambahan serta keterampilan dalam melakukan pengoperasian komputer sehingga dapat mengurangi kegaptekan mereka terhadap problematika yang mereka hadapi, yaitu tidak dapat melanjutkan pendidikannya dikarenakan tidak dapat membayar uang sekolah ataupun dikarenakan kurang memadainya perekonomian keluarga.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.7 Kesejahteraan siswa/peserta didik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:09
Last Modified: 30 Jan 2023 07:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17102

Actions (login required)

View Item View Item