Manajemen Pondok Pesantren Dalam Mengaplikasikan Bahasa Asing (Arab dan Inggris) Di Pondok Pesantren Al- Quran Al-Majidiyah

Khariani, Ade (2021) Manajemen Pondok Pesantren Dalam Mengaplikasikan Bahasa Asing (Arab dan Inggris) Di Pondok Pesantren Al- Quran Al-Majidiyah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER ADE.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB I ADE.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II ADE (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III ADE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV ADE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V ADE.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ADE.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: Perencanaan Pondok Pesantren Dalam Mengaplikasikan Bahasa Asing (Arab dan Inggris), Pengelolaan Pondok Pesantren Dalam Mengaplikasikan Bahasa Asing (Arab Dan Inggris), Evaluasi Pondok Pesantren Dalam Mengaplikasikan Bahasa Asing (Arab Dan Inggris). Dala penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, informan penelitian ini adalah Musrif bahasa, pengurus OSPAM dan beberapa siswa di Pondok Pesantren Al-Quran Al- Majidiyah. Analisis data dalam penelitian ini kodifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitiannya maka menggunakan keabsahan data kredibilitas, transferabilitas, dependebilitas, komformitas. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pondok pesantren dalam mengaplikasikan/menerapkan bahasamulai dari menerapkan fungsi manajemen yaitu: perencanaan, yaitu pembina bahasa asing pesantren menetapkan tujuan, strategi pembinaan bahasa asing, sampai menetapkan programnya. Pengorganisasian, yaitu menetapkan pembagian bidang yang mereka kuasai seperti bagian bahasa, keamanan, dan lain-lain. Pelaksanaan dilakukan dengan metode langsung yaitu santri berulang-ulang untuk berbicara, memahami, dan menghafal.dan pengevaluasian yang dilakukan dengan menerapkan program yang telah direncanakan. Pembina bahasa dan terutama pimpinan pondok pesantren ikut andil langsung melakukan musyawarah dalam mengevaluasi program-program bahasa. Para pembina bahasa semaksimal mungkin untuk meningkatkan bahasa santri, dengan mencari program-program baru melalui study banding. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap perlunya manajemen dalam penerapan bahasa asing di lingkungan Pondok Pesantren Al-Quran Al-Majidiyah. Guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Bahasa Asing (Arab dan Inggris)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:34
Last Modified: 27 Jan 2023 03:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17055

Actions (login required)

View Item View Item