Implementasi Metode Therapeutic Community (Tc) Dalam Pemulihan Korban Penyalahguna Narkoba Di Yayasan Sungai Yordan Kasih Kabupaten Simalungun

Lestari, Diah Ayu (2021) Implementasi Metode Therapeutic Community (Tc) Dalam Pemulihan Korban Penyalahguna Narkoba Di Yayasan Sungai Yordan Kasih Kabupaten Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER diah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I diah.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II diah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III diah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV diah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V diah.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN diah.pdf

Download (222kB)

Abstract

Sumatera Utara 80% panti rehabilitasi menggunakan metode Therapeutic Community (TC) dalam proses pemulihan korban penyalahguna narkoba sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi, hasil dan hambatan implementasi metode therapeutic community (TC). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan melakukan observasi secara langsung, wawancara secara mendalam, selain itu didukung oleh data dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menjawab permasalahan yang telah tertuang dalam rumusan masalah, yaitu: 1) Implementasi metode therapeutic community (TC) dalam pemulihan korban penyalahguna narkoba melalui beberapa tahap, seperti: tahap penerimaan, tahap pelaksanaan kegiatan (primary stage), tahap re-entry, dan tahap bina lanjut (aftercare program). 2) Hasil dari implementasi metode therapeutic community dalam pemulihan korban penyalahguna narkoba yang diungkapkan oleh konselor pada peneliti yaitu dinilai berhasil hingga 80%. 3) Hambatan yang sering dihadapi pada proses implementasi metode therapeutic community yaitu: kurangnya kaesadaran diri pada residen, adanya penyakit bawaan residen yang dapat menghambat proses pemulihan, lemahnya daya ingat serta kurangnya keterampilan residen dalam membaca dan menulis sehingga dapat memperlambat proses pemulihan residen.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Therapeutic Community (TC), Pemulihan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:04
Last Modified: 27 Jan 2023 03:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17053

Actions (login required)

View Item View Item