Analisis Kemampuan dan Kemauan Membayar Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Peserta Mandiri di Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan

Berutu, Anggita Karina (2022) Analisis Kemampuan dan Kemauan Membayar Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Peserta Mandiri di Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER WATERMARK..pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB I anggi watermark.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II anggita watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
BAB III anggita watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV anggita watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
BAB V anggita watermark.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WATERMARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jaminan Kesehatan Nasional wajib bagi seluruh rakyat Indonesia baik yang mampu maupun tidak mampu, penyelenggara jaminan kesehatan dilaksanakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan. Tercatat Peserta Mandiri di Kelurahan Nelayan Indah sabanyak 641 jiwa dan tunggakan iuran sebesar Rp. 364.000.550,- per Februari 2022 dengan adanya tunggakan tersebut menjadi hal yang menarik untuk melihat kemampuan dan kemauan membayar iuran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan dan kemauan membayar iuran JKN pada peserta mandiri di Kelurahan Nelayan Indah.Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 90 sampel. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian ini adalah responden ATP 1 kategori mampu yang tertinggi di kelas III yaitu sebanyak 35,1%, ATP 2 non makanan kategori mampu yang tertinggi di kelas III sebanyak 21,1% dan ATP 2 non esensial kategori mampu tertinggi ada di kelas III sebanyak 38,6%. Sedangkan padakemauan membayar berdasarkan pengetahuan kategori baik di kelas III 33,3%, kemauan berdasarkan riwayat katastropik tertinggi di kelas III sebanyak 21,1%. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada Pemerintah diharapkan untuk mengidentifikasi secara langsung bagaimana kemampuan dan kemauan masyarakat dalam mengikuti dan membayar iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: JKN, Kemampuan membayar (ATP), Kemauan membayar (WTP)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:20
Last Modified: 26 Jan 2023 03:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17000

Actions (login required)

View Item View Item