Konsep Pendidikan Seks untuk Anak Sejak Dini Menurut Alquran Surat An-Nur Ayat 58-59 (Studi Analisis Terhadap Tafsir Ayat-Ayat Ahkam Karya Syekh Muhammad Ali Ash- Shabuni)

Saragih, Hanisah Sabrina (2021) Konsep Pendidikan Seks untuk Anak Sejak Dini Menurut Alquran Surat An-Nur Ayat 58-59 (Studi Analisis Terhadap Tafsir Ayat-Ayat Ahkam Karya Syekh Muhammad Ali Ash- Shabuni). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Konsep Pendidikan Seks untuk Anak Sejak Dini Menurut Alquran Surat An-Nur Ayat 58-59 (Studi Analisis Terhadap Tafsir Ayat-Ayat Ahkam Karya Syekh Muhammad ‘Ali Ash-Shabuni). Penelitian ini bertujuan untuk mendalami penafsiran Muhammad ash-Shabuni mengenai konsep pendidikan seks untuk anak sejak dini dalam Alquran surat an-Nur ayat 58-59. Pendidikan seks merupakan pembelajaran tentang aspek kognitif, emosional, sosial, interaktif dan fisik seksualitas. Ini bertujuan untuk mendukung dan melindungi perkembangan seksual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, serta menggunakan metode pengumpulan data penelitian kepustakaan. Dalam pengumpulan data digunakan metode dokumentasi serta dalam tingkat penjelasannya digunakan penelitian bersifat deskriptif-analisis. yakni penganalisaan terhada sumber utamanya adalah kitab tafsir Ayat-Ayat Ahkam serta buku-buku lainnya, jurnal, skripsi, artikel, dan lain-lain. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan seks dari penafsiran Muhammad ash-Shabuni adalah 1) pendidikan seks harus dilandasi dengan iman 2) pentingnya peran keluarga dalam pendidikan seks untuk anak 3) pendidikan seks diterapkan sejak dini 4) pemahaman mengenai aurat sangat penting diajarkan sejak dini. Adapun harapan dari hasil penelitian ini adalah semakin berkembangnya pendidikan seks untuk anak sejak dini yang bisa dimulai dari lingkungan keluarga. Sehingga di masa depan anak-anak pejuang agama Islam memiliki moral dan akhlak mulia sebagaimana yang diajarkan dalam agama Islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:52
Last Modified: 26 Jan 2023 02:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16990

Actions (login required)

View Item View Item