Analisis SWOT Dakwah Virtual Bagi Generasi Z (Studi Akun Tiktok Husein Basyaiban) Di Mas Alwasliyah Serbelawan, Kec, Dolok Batu Nanggar, Kab. Simalungun.

Saragih, Febri Zayanti (2022) Analisis SWOT Dakwah Virtual Bagi Generasi Z (Studi Akun Tiktok Husein Basyaiban) Di Mas Alwasliyah Serbelawan, Kec, Dolok Batu Nanggar, Kab. Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Febri Zayanti Saragi-1.pdf

Download (775kB)
[img] Text
Bab 1 Riza.pdf

Download (646kB)
[img] Text
Bab II Riza.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III Riza.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV Riza.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V Riza.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Riza.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam hal ini yang menjadi tujuan peneliti ada 2, yakni untuk mengetahui gambaran umum dakwah virtual pada akun tiktok Husein Basyaiban, dan Untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dakwah virtual yang ada pada akun tiktok Husein Basyaiban bagi Generasi Z di Mas Alwasliyah Serbelawan, Kec. Dolok Batu Nanggar, Kab. Simalungun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan kualitatif. Adapun sumber data primer penelitian ini adalah beberapa Generasi Z yang bersekolah di Mas Alwasliyah Serbelawan, Kec. Dolok Batu Nanggar, Kab. Simalungun. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Akun tiktok Husein Basyaiban adalah akun dakwah yang memiliki banyak pengikut, rata-rata pengikutnya adalah kalangan Generasi Z. Akun Husein memiliki 5,4jt pengikut, 274,5jt suka, dan 988 video sampai bulan juli 2022. Dakwah virtual yang dilakukan Husein Basyaiban dalam akun Tiktoknya @Basyasman00 memiliki Kekuatan, Kelemahan, Peluang, serta Ancaman. Dakwah virtual versi Husein memiliki ciri khas tersendiri, yakni menggunakan bahasa yang ringan dan mudah difahami. Akan tetapi, terkadang Husein bisa menyampaikan dakwahnya dengan bicara yang terlalu terburu-buru yang mengakibatkan Generasi Z kesulitan dalam memahami apa yang disampaikan. Dakwah virtual Husein juga memiliki peluang yang besar dikarenakan wawasannya yang luas dan dakwahnya mampu menambah pengetahuan umat islam khususnya Generasi Z. Dakwah Husein juga kerap di balas oleh kreator dakwah lain yang menganggap pesan yang disampaikan Husein kurang efektif menurutnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:37
Last Modified: 25 Jan 2023 07:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16978

Actions (login required)

View Item View Item