Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menghafal Juz Amma Dengan Metode Halaqah di MTs. Al-Hidayah Desa Londut Kabupaten Labuhanbatu Utara

Hasini, Nur Ririn Ridha (2022) Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menghafal Juz Amma Dengan Metode Halaqah di MTs. Al-Hidayah Desa Londut Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover dll-1.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB I FIX.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Dapus dan Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menghafal Juz Amma sebelum pengaplikasian metode Halaqah di MTs. Al- Hidayah dan mengetahui kemampuan siswa dalam menghafal Juz Amma setelah pengaplikasian metode Halaqah di MTs. Al-Hidayah. Peneliti ini telah menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Peneliti telah menggunakan instrumen penelitian: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 18 orang sebagai siswa/i kelas VII di MTs. Al-Hidayah. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) kemampuan siswa sebelum pengaplikasian metode halaqah adalah rendah. Total nilai 926. 3 siswa yang dikategorikan lulus (nilai di atas 74) dengan persentasi 17% selebihnya dikategorikan tidak lulus dengan persentasi 83%. 2) kemampuan siswa setelah pengaplikasian metode halaqah: (1) Siklus 1, kemampuan siswa/i dalammenghafal surah al-Lahab mulai meningkat baik dengan jumlah nilai yang telah didapatkan 1.198. Jumlah siswa yang dikategorikan lulus (di atas 74) adalah 9 dengan persentasi 50%. Siswa yang dikategorikan tidak lulus (di bawah 74) adalah 9 siswa dengan perentasi 50%. (2) Siklus 2, kemampuan siswa/i dalam menghafal surah al-Humazah sangat meningkat, total nilai 1.385. 3 siswa yang dikategorikan tidak lulus (nilai di atas 74) dengan persentasi 17% selebihnya dikategorikan lulus dengan persentasi 83%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tahfidz, Halaqah, Juz Amma
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Jan 2023 04:14
Last Modified: 25 Jan 2023 04:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16976

Actions (login required)

View Item View Item