Implementasi Permainan Konstruktif Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Amanah Kota Medan

Aryati, Aryati (2022) Implementasi Permainan Konstruktif Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Amanah Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAPUS-1.pdf

Download (677kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi peserta didik TK yang belum mengenal model pembelajaran permainan konstruktif balok yang berdampak pada minimnya kreativitas anak. Permainan konstruktif balok ini menggunakan berbagai macam bentuk balok beserta kegunaanya dalam efektivitas meningkatkan kreativitas anak. Hal ini kemungkinan dikarenakan guru TK yang bersangkutan belum mengajar dengan baik. Tujuan penelitian ini ialah bagaimana implementasi permainan konstruktif dalam meningkatkan kreativitas anak TK Amanah Kota Medan? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan permainan konstruktif dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Amanah Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui, wawancara dan dokumentasi.observasi, saat observasi peneliti menggunakan lembar observasi untuk mengamati proses permainan konstruktif dalam meningkatkan kreativitas anak akan dimulai. Adapun wawancara dilakukan peneliti dengan mewawancarai kepala sekolah dan guru kelas serta beberapa siswa. Untuk dokumentasi dilaksanakan dengan memfasilitasi dokumen sekolah dan foto-foto kegiatan selama proses penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan permainan konstruktif yang dilakukan di TK Amanah berupa kegiatan membangun atau membuat suatu bentuk atau konstruksi menggunakan balok. Sedangkan aspek perkembangan yang dicapai oleh anak melalui penerapan permainan konstruktif diantaranya adalah perkembangan kreativitas anak

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Konstruktif, Kreativitas Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:58
Last Modified: 12 Jan 2023 07:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16909

Actions (login required)

View Item View Item