Pengaruh Media Puzzle Terhadap Pengetahuan Anak Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Di Sd Negeri 21 Tanah Rendah

Yolanda, Rahayu (2022) Pengaruh Media Puzzle Terhadap Pengetahuan Anak Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Di Sd Negeri 21 Tanah Rendah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER RAHAYU YOLANDA.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB I RAHAYU YOLANDA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II RAHAYU YOLANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III RAHAYU YOLANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
FIX BAB IV RAHAYU YOLANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V RAHAYU YOLANDA.pdf

Download (23kB)
[img] Text
LAMPIRAN RAHAYU YOLANDA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang :Kurangnya cuci tangan pada anak usia sekolah disebabkan karena ketidak tahuan mereka. Hingga saat ini berbagai upaya telah dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya cuci tangan, namun hanya melalui ceramah yang membuat anak usia sekolah kurang diminati. Bagi anak-anak harus ada tata cara yang menarik dan tidak monoton, dan salah satunya adalah metode permainan yaitu permainan puzzle. Media puzzle merupakan media permainan untuk anakanak dengan cara belajar yang menarik dan menyenangkan sebagai media pembelajaran di sekolah, karena media puzzle merupakan salah satu bentuk game edukasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media puzzle terhadap pengetahuan anak tentang cuci tangan di SD Negeri 21 Tanah Rendah. Metode :penelitian ini merupakan Pre-experiment desaign: One-Group Pretest-posttest Design.Sampel pada penelitian ini adalah 40 siswa dan siswi sekolah Negeri 21 Tanah Rendah.Hasil Penelitian : Hasil analisis bivariate menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dengan menunggunakan media puzzle dengan p value<0,000 dan sebanyak 35 responden mengalami peningkatan skor. Ada hubunggan signifikan antara pengetahuan tentang cuci tangan pakai sabun menggunakan media puzzle di Sekolah SD Negeri 21 Tanah Rendah. Kesimpulan :Media permainan puzzle dapat digunakan sebagai sarana promosi kesehatan yang efektif dalam mengubah pengetahuan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Promosi Kesehatan, Permainan Puzzle, Promosi Kesehatan Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:24
Last Modified: 06 Jan 2023 07:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16876

Actions (login required)

View Item View Item