Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok di Kelas V SD Negeri 152982 Tukka IB Kabupaten Tapanuli Tengah

Tarihoran, Rina Widya (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok di Kelas V SD Negeri 152982 Tukka IB Kabupaten Tapanuli Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok, (2) Proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok, (3) Hasil belajar siswa sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Tindakan kelas (Action Research) yang dilaksanakan sebanyak III siklus di kelas V SD Negeri 152982 Tukka IB Kabupaten Tapanuli Tengah. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan melaksanakan kegiatan tes awal (pretest) dari 30 siswa terdapat 6 siswa (20%) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 24 siswa (80%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 47,83. (2) Pada pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok sangat baik, karena dapat memberikan pemahaman kepada siswa, mengajarkan siswa cara untuk bekerjasama dalam kelompok dan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara individu dan kelompok. (3) Hasil belajar siswa sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok pada siklus I terdapat 11 siswa (36,67%) yang mencapai ketuntasan belajar dan 19 siswa (63,33%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 60,5. Pada pelaksanaan siklus II terdapat 20 siswa (66,67%) yang mencapai ketuntasan belajar dan 10 siswa (33,33%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 72,5. Pada pelaksanaan siklus III terdapat 27 (90%) siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 siswa belum mencapai ketuntasan belajar (10%) dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 81. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) di kelas V SD Negeri 152982 Tukka IB Kabupaten Tapanuli.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe (STAD), Hasil belajar siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:55
Last Modified: 05 Jan 2023 08:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16861

Actions (login required)

View Item View Item