PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMELIHARA KESEHATAN MENTAL SISWA DI MTS NEGERI 2 ASAHAN

Siagian, Vidia Fitri (2022) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMELIHARA KESEHATAN MENTAL SISWA DI MTS NEGERI 2 ASAHAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Vidia Fitri Siagian - COVER.pdf

Download (987kB)
[img] Text
Vidia Fitri Siagian- BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Vidia Fitri Siagian-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
Vidia Fitri Siagian- BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
Vidia Fitri Siagian- BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
Vidia Fitri Siagian - BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Vidia Fitri Siagian- Daftar Pustaka & Lampiran.pdf

Download (942kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kondisi kesehatan mental peserta didik di MTs Negeri 2 Asahan. 2) Perencanaan Bimbingan dan Konseling dalam memelihara kesehatan mental peserta didik di MTs Negeri 2 Asahan. 3) Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling dalam memelihara kesehatan mental peserta didik di MTs Negeri 2 Asahan. 4) Hambatan guru Bimbingan dan Konseling dalam memelihara kesehatan mental peserta didik di MTs Negeri 2 Asahan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian lapangan. Informan dalam penelitian ini adalah guru Bimbingan dan Konseling, peserta didik, kepala madrasah dan wali kelas di MTs Negeri 2 Asahan. Metode pengumpulan data terdiri dari: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) kondisi kesehatan mental peserta didik di MTs Negeri 2 Asahan belum sepenuhnya dalam kondisi mental yang benar-benar sehat. 2) Perencanaan BK terencana dengan cukup baik, perencanaan program BK di MTs Negeri 2 Asahan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan kurikulum madrasah. 3) Layanan Bimbingan dan Konseling yang biasa dilaksanakan di MTs Negeri 2 Asahan ialah layanan informasi, layanan penguasaan konten, layanan konseling individu, dan mediasi. Satuan pendukung yang biasa dilaksanakan ialah konferensi kasus, kunjungan rumah dan alih tangan kasus. 4) Hambatan guru BK dalam memelihara kesehatan mental peserta didik antara lain: kondisi ruang BK yang kurang memadai, jam pengajaran yang terbatas, masih banyak peserta didik yang memiliki stigma negatif dengan BK, dan perbedaan pola asuh orang tua dengan peraturan madrasah yang berbeda.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru BK, Kesehatan Mental
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:04
Last Modified: 05 Jan 2023 08:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16853

Actions (login required)

View Item View Item