Pengaruh Model Pembelajar An Brain Based Learning Berbantuan Smart Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kecemasan Belajar Di Kelas Viii Mtsn 2 Medan

Simangunsong, Eka Damaiyanti (2022) Pengaruh Model Pembelajar An Brain Based Learning Berbantuan Smart Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kecemasan Belajar Di Kelas Viii Mtsn 2 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
09......._COVER.pdf

Download (579kB)
[img] Text
09_BAB 1.pdf

Download (478kB)
[img] Text
09_BAB 2.pdf

Download (684kB)
[img] Text
09_BAB 3.pdf

Download (558kB)
[img] Text
09_BAB 4.........pdf

Download (664kB)
[img] Text
09_BAB 5.........pdf

Download (208kB)
[img] Text
09_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Model pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Smart Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecemasan Belajar Di Kelas VIII MTsN 2 Medan”, yang dilatarbelakangi oleh beberapa faktor seperti rendahnya kemampuan berpikir kritis dan tingginya rentan kecemasan belajar siswa jika berhubungan dengan program pembahasan matematika baik berupa soal dan materi hingga tahap analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Smart Card memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII, (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Smart Card dalam mengatasi kecemasan belajar siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif dan jenis penelitian ini termasuk penelitian experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Medan. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunkan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Smart Card, dengan F hitung = 37,21581> F table = 4,085, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Smart Card tehadap kecemasan belajar dengan F hitung = 37,1399 > F table = 4,085. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka pelaksanaan model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan smart card layak diterapkan oleh guru sebagai bentuk solusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika dan mengurangi kecemasan belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Brain Based Learning, Smart Card, Kemampuan Berpikir Kritis, Kecemasan Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 05 Jan 2023 05:11
Last Modified: 05 Jan 2023 05:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16845

Actions (login required)

View Item View Item