Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA. AL-HADDA Dusun III Dalu X-A Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang

Syafitry, Nur (2022) Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA. AL-HADDA Dusun III Dalu X-A Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER-2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1-2.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB 2-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB 3-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB 4-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB 5-1.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAPUS-2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) meneliti bagaimana bentuk-bentuk perilaku Bullying yang terjadi di RA AL-HADDA Dusun III Dalu X-A Tanjung Morawa Kabupaten Deli Sedang (2) meneliti bagaimana strategi guru dalam menghadapi perilaku Bullying pada peserta didik (3) meneliti bagaimana hambatan dan solusi dalam menghadapi masalah Bullying pada peserta didik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif yang dilaksanakan selama 1 Minggu. Penelitian dilaksanakan di RA AL-HADDA Dusun III Dalu X-A Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Data yang dihasilkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Melalui penelitian maka dapat ditemukan bahwa (1) Bentuk-bentuk perilaku Bullying yang ada di RA AL-HADDA Dalu X A Tanjung Morawa Kabupaten Deli serdang yang di temukan adalah mengejek, memukul dan tidak ingin berteman sehingga anak mengadu kepada guru. Perbuatan Bullying seperti ini sering terjadi ketika dalam pembelajaran dan istirahat tiba, dan ketika guru sibuk memerhatikan anak-anak yang lain. Strategi guru dalam mengatasi perilaku Bullying pada peserta didik di RA AL-HADDA Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang ada 2 cara. Guru yang pertama dengan menanyakan pokok permasalahannya kepada anak dan memberikan nasehat, lalu menyuruh anak untuk salang meminta maaf dan saling memaafkan. Sedangkan guru yang kedua dengan cara memberikan nasehat dengan cara memberitahukan kepada anak bahwasannya kita bersaudara, dan jika mengejek teman kita berarti mengejek diri sendiri. Ini bermaksud agar anak saling peduli dengan temannya dan tidak lagi saling mengejek dengan temannya. (2) Strategi yang dilakukan kepala sekolah di RA AL HADDA Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang dengan bekerja sama dengan orang tua dalam menasehati anak ketika dirumah. Begitu juga dengan hasil wawancara dengan salah satu orang tua yaitu dengan menasehati anak. (3) Hambatan dan Solusi Kepala sekolah dan Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying di RA AL-HADDA Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang dalam melakukan pencegahan terhadap perilaku bullying pada anak menemui hambatan yakni yang datang dari anak didik sebab anak didik dalam hal ini masih melakukan perilaku bully padahal nasehat dan pengarahan dari guru telah diberikan kepadanya. Solusi yang dilakukan guru adalah dengan memberikan pemahaman dan nasehat secara terus menerus kepada anak dan dilakukan dengan kesabaran serta berharap agar anak tersebut sadar dan berhenti untuk melakukan aksi bullying. Begitu juga hambatan yang dirasakan orang tua yaitu sulitnya untuk menasehati anak dengan cara yang serius. Sehingga solusi yang diambil adalah menasehati dengan cara yang santai dan lembut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Mengatasi Perilaku Bullying, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Dec 2022 09:00
Last Modified: 30 Dec 2022 09:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16780

Actions (login required)

View Item View Item