Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIS Hidayatussalam Bandar Khalifah

Hidayah, Nur (2021) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIS Hidayatussalam Bandar Khalifah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover dea fix (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1 dea.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB 2 dea.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB 3 dea .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB 4 dea.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 dea.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Memahami kesulitan belajar siswa dalam pelajaran matematika penting bagi guru di jadikan masukan untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Kesulitan belajar siswa akan berdampak pada prestasi belajar siswa karena untuk memperoleh prestasi yang baik. Tujuan peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan kesuitan siswa dalam belajar matematika pada pelajaran matematika kelas IV Mis Hidayatussalam Bandar Khalifah Tahun 2020-2021. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Pendekatan kualitatif berlandaskan pada fenomologi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV. Pengumpulan data dilaksanakan melalui model observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika di kelas IV MIS Hidayatussalam di tunjukkan oleh: Kesulitan Memahami Konsep, Kesulitan Skill, dan Kesulitan Pemecahan Masalah. dari Faktor Internal Adalah (1) Sikap Dalam Belajar (2) Motivasi Belajar (3) Kesehatan Tubuh Sedangkan Dari External (1) Variasi Mengajar (2) Penggunaan Media (3) sarana prasarana (4) lingkungan keluarga. adapun solusi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika yaitu: (1) Guru Sebagai Motivator (2) Guru Memberi Pelajan Tambahan (3) Strategi Guru Dalam Mengajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:21
Last Modified: 28 Dec 2022 04:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16751

Actions (login required)

View Item View Item