Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Pendekatan Gaya Belajar Siswa UPTD SMP Negeri 2 Talawi

Elyza, Hayati Nur (2021) Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Pendekatan Gaya Belajar Siswa UPTD SMP Negeri 2 Talawi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran Baru.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah masalah adalah 1), Bagaimana keadaan prestasi belajar siswa, 2) Bagaimana kegiatan guru BK serta 3) Bagaimana Upaya guru BK dalam meningkatkan prestasi belajar melalui pendekatan gaya belajar siswa UPTD SMP Negeri 2 Talawi Subjek penelitian ini adalah guru BK dan siswa UPTD SMP Negeri 2 Talawi siswa. Alat pengumpul datanya adalah obervasi, wawancara dan studi dokumen. Pengolahan datanya menggunakan teknik analisis kualitatif. Adapun yang dihasil penelitian ini adalah 1) Pada keseluruhan siswa UPTD SMP Negeri 2 Talawi Saentis memiliki prestasi belajar siswa yang sudah cukup bagus. Meskipun demikian, ada beberapa siswa yang prestasi belajarnya kurang. Penyebabnya adalah dikarenakan kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya belajar dan kurangnya ketegasan bagi guru yang mengajar, 2) Kegiatan guru Bimbingan dan Konseling di UPTD SMP Negeri 2 Talawi sudah berjalan dengan baik, karena semua personil guru BK berlatar belakang pendidikan BK dan masing-masing diantaranya memiliki 150 siswa asuh. Guru BK yang ahli dalam bidangnya sehingga mampu bekerja dengan professional, dan jumlah siswa asuh yang sesuai dengan yang ditetapkan memudahkan guru BK dalam memantau, memperhatikan dan membantu siswa-siswanya dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi, serta 3) Upaya yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa UPTD SMP Negeri 2 Talawi dengan menumbuhkan motivasi belajarnya, menumbuhkan rasa percaya dirinya, bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, memberikan layanan yang dapat menumbuhkan semangat belajarnya, menidisplinkan siswa, memberikan berbagai games yang berkaitan dengan pelajaran serta mengubah gaya belajar pada saat jam masuk BK.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru BK, Prestasi Belajar, Gaya Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 Dec 2022 05:00
Last Modified: 23 Dec 2022 05:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16723

Actions (login required)

View Item View Item