Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Kelas II SD

Wulandari, Sri (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Kelas II SD. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER WATERMAKS SRI WULANDARI.pdf

Download (803kB)
[img] Text
SKRIPSI WATERMAKS SRI WULANDARI BAB I.pdf

Download (688kB)
[img] Text
SKRIPSI WATERMAKS SRI WULANDARI BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
BAB III WATERMAKS SRI WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] Text
BAB IV WATERMAKS SRI WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V WATERMAKS SRI WULANDARI.pdf

Download (486kB)
[img] Text
DAPUS WATERMAKS SRI WULANDARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Matematika adalah ilmu pengetahuan yang erat sekali hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari jajanan pasar atau kue tradisional yang kita konsumsi tidak terlepas dari pembelajaran matematika itu sendiri. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis etnomatematika materi bangun datar dan bangun ruang, mengetahui kepraktisan LKPD berbasis etnomatematika materi bangun datar dan bangun ruang dan mengetahui keefektifan LKPD berbasis etnomatematika. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian adalah 23 peserta didik kelas II di SDIT Al-Adzkiyah Muhammadiyah Marbau kabupaten Labuhan Batu Utara. pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan cara angket validator, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendapatkan skor persentasi media kevalidan 93,75% dengan kriteria “sangat valid”, penilaian dari ahli materi mendapatkan skor 94,66% dengan kriteria “sangat valid”. Pada uji coba kepraktisan dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap pertama penilaian produk oleh pendidik mendapatkan persentase 86,66% dengan kriteria “sangat praktis”, sedangkan pada uji coba peserta didik mendapatkan persentase 95,66% dengan kriteria “sangat praktis”. Pada uji keefektivan LKPD berbasis etnomatematika mendapat skor 69.26 % dengan kriteria “cukup efektif”. berdasarkan temuan diatas maka guru sebaikan lebih kreatif dalam mengembangkan bahan ajar untuk menarik perhatian belajarpeserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:29
Last Modified: 23 Dec 2022 04:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16718

Actions (login required)

View Item View Item