Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik tema Geometri dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini di TK Al Muzdalifah Kec.Pulau Rakyat

Widya, Anggra (2022) Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik tema Geometri dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini di TK Al Muzdalifah Kec.Pulau Rakyat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 AW.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB 2 AW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
BAB 3 AW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
BAB 4 AW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
BAB 5 AW.pdf

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA AW.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan LKPD tema Geometri di TK Al Muzdalifah Kec.Pulau Rakyat, kemudian untuk mengetahui bagaimana perkembangan kognitif anak yang menggunakan LKPD geometri dan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi penggunaan LKPD Geometri dalam mengembangakan aspek kognitif anak usia dini di TK Al Muzdalifah Kec.Pulau Rakyat.Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan metiode kualitatif dari data yang di hasilkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al Muzdalifah dengan menggunakan anak berjumlah 15 orang anak, dengan jumlah laki-laki 6 orang anak dan jumlah anak perempuan 8 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Penggunaan LPD tema Geometri di TK Al Muzdalifah Kec.Pulau Rakyat sudah berjalan sejak 2018 atau sejak berdirinya sekolah yakni 4 tahun sudah berjalan. Perkembangan kognitif anak di TK Al Muzdalifah Kecamatan Pulau Rakyat dengan menggunakan LKPD Geometri mulai berkembang 66,6% dari 15 peserta didik. Penggunaan LKPD di Tk Al Muzdalifah menggunakan beberapa tahap perencanaan pembelajaran yang di lakukan oleh guru. 2. Beberapa indikator yang dikembangkan pada anak saat penggunaan LKPD geometri ini, yakni menggunakan simbol, mengklasifikasikan, memahami angka serta memahami huruf dengan mengenalkan macam bentuk- bentuk geometri. 3. Adapun faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak dalam penggunaan LKPD Geometri adalah guru yang memegang peran, yang mana anak akan mampu berhasil mengerjakan perkerjaan nya dan menyelesaikan tugas dalam LKPD jika guru nya berhasil menjelaskan dengan seksama. Selain itu juga penggunaan alat dan bahan yang menarik juga mendukung keberhasilan pemebelajaran, dikarenakan anak akan sangat tertarik dan berminat tinggi untuk mengikuti kegiatan dan menyelesaikan tugas yang diberikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD Geometri, Kognitif Anak Usia Dini.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:08
Last Modified: 22 Dec 2022 07:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16709

Actions (login required)

View Item View Item