Hubungan Postur Kerja Dengan Risiko Terjadinya Keluhan Muscoloskeletal Disorders (MSDs) pada Karyawan Pengolahan Kelapa Sawit

Ningtyas, Hasanah Widya (2022) Hubungan Postur Kerja Dengan Risiko Terjadinya Keluhan Muscoloskeletal Disorders (MSDs) pada Karyawan Pengolahan Kelapa Sawit. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Hasanah Widya COVER FIX.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hasanah Widya BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Hasanah Widya BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text
Hasanah Widya BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
Hasanah Widya BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
Hasanah Widya BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Hasanah Widya DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Bentuk tubuh yang tidak sesuai mempengaruhi bentuk tubuh yang bergerak, salah.satu.faktor.yang.mempengaruhi bentuk tubuh yang bergerak adalah adanya musculoskeletal disease (MSD) atau penyakit muskuloskeletal adalah gangguan yang menandakan terbentuknya kerusakan Otot, tendon, ligamen, saraf, tulang muda, tulang Atau pembuluh darah di tangan, kaki, leher dan punggung. Tampaknya nyeri pada otot ini dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui hubungan postur kerja Dengan Risiko Terjadinya Keluhan Muscoloskeletal Disorders (MSDs) pada Karyawan Pengolahan Kelapa Sawit. Metode: Metode penelitian ini dengan menggunakan Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) serta menggunakan Kuesioner Nordic Body Map (NBM) yang dilakukan pada bulan Mei-Agustus 2022. Jumlah populasi berjumlah 36 karyawan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan merupakan total sampling atau sampling jenuh. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil: Uji. Statistik. yang diperoleh .didapatkan.total.keseluruhan antara postur.kerja.dengan keluhan Muscoloskeletal Disorders (MSDs) dengan nilai p= 0,05. Kesimpulan: pada penelitian ini terdapat adanya hubungan postur kerja dengan keluhan Muscoloskeletal Disorders (MSDs) pada karyawan bagian pengolahan kelapa sawit.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Postur Kerja, Keluhan Musculoskeletal Diosrders (MSDs), kerja, kelapa sawit.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:51
Last Modified: 22 Dec 2022 06:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16707

Actions (login required)

View Item View Item