Pengaruh Model Pembelajaran Learning cycle 5E Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Di MTs.S. PPM Babussalam

Nasuha, Ela (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Learning cycle 5E Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Di MTs.S. PPM Babussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning cycle 5E dengan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII di MTs.S. PPM Babussalam. Penelitian ini dilaksanakan di MTs.S. PPM Babussalam yang terletak di Jalan Pulau Banyak KM 3 Desa Teluk Bakung, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Waktu penelitian dimulai dari bulan Januari sampai bulan Maret 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs.S. PPM Babussalam yang berjumlah 75 siswa yang terdiri dari kelas VII-A, VII-B, dan VII-C. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-C dan VII B sebagai kelas eksperimen dan VII-A sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis. Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 86,08 dikategorikan baik dalam memenuhi nilai KKM, dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol adalah 76,16 dikategorikan baik dalam memenuhi nilai KKM. Hasil analisis nilai t-hitung sebesar 4,892 > nilai t-tabel 1,993, yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Learning cycle 5E dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII di MTs.S. PPM Babussalam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning cycle 5E, Eksperimen, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:07
Last Modified: 22 Dec 2022 06:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16703

Actions (login required)

View Item View Item