Pengaruh Penerapan Metode Beyond Center and Circle Time Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Al-Bayan Parbutaran

Widyaningrum, Widyaningrum (2021) Pengaruh Penerapan Metode Beyond Center and Circle Time Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Al-Bayan Parbutaran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan sosial dan kemandirian anak kelompok B di RA Al-Bayan Parbutaran belum optimal, dari obervasi yang dilakukan peneliti mendapatkan sebuah perencanaan dan gagasan dalam melaksanakan riset mengenai pengaruh belajar beyond center and circle time pada kemandirian anak umur 5-6 tahun di RA Al-Bayan Parbutaran. Masalah awal yang dikaji pada penelitian ini yaitu Bagaimanakah pelaksanaan penerapan metode Beyond Center and Circle Time pada anak usia 5-6 tahun di RA Al-Bayan Parbutaran? Bagaimanakah kemandirian anak usia 5-6 tahun pada anak usia 5-6 tahun di RA Al-Bayan Parbutaran? Apakah terdapat pengaruh penerapan metode Beyond Center and Circle Time terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di RA Al-Bayan Parbutaran?. Penelitian ini bertujuan dalam melihat dampak belajar BCCT pada kemandirian anak berusia 5-6 tahun di RA Al-Bayan Parbutaran. Penggunaan metode pada penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan teknik eksperimen. Selain itu penelitian ini masuk pada riset Quasi Eksperimental Design. Subjek penelitian yaitu kelompok B yang menjadi anggota eksperimen serta sebagai anggota kontrol. Penggunaan teknik dalam mengumpulkan data yaitu Pretest dan Postest. Sementara itu teknik analisa data menerapkan hasil penjabaran observasi, wawancara, pengujian Validitas dan Reabilitas, pengujian Normalitas, pengujian Homogenitas, pengujian T-test Statistic.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pembelajaran BCCT terhadap ketrampilan kerjasama anak usia 5-6 tahun di RA Al-Bayan Parbutaran. Hasil tersebut terbukti berdasarkan hasil perkiraan menerapkan pengujian Hipotesa Statistik didapatkan tingkatan (sign. 2 tailed) yaitu 0,000 < 0,05% dimana pengujian diterima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BCCT, Kemandirian
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:44
Last Modified: 22 Dec 2022 04:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16691

Actions (login required)

View Item View Item