Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Posbindu PTM Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas Dalu Sepuluh Kecamatan Tanjung Morawa

Zulkhairani, Siti (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Posbindu PTM Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas Dalu Sepuluh Kecamatan Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. Cover dan Daftar_Siti Zulkhairani.pdf

Download (969kB)
[img] Text
2. BAB I_Siti Zulkhairani.pdf

Download (468kB)
[img] Text
3. BAB II_Siti Zulkhairani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img] Text
4. BAB III_Siti Zulkhairani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
5. BAB IV_Siti Zulkhairani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V_Siti Zulkhairani.pdf

Download (331kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka dan Lampiran_Siti Zulkhairanii.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyakit tidak menular telah menjadi penyebab utama kematian secara global maupun nasional, disebabkan tingginya angka PTM yang terus meningkat setiap tahunnya, maka dalam upaya penanggulangan pengendalian faktor risiko PTM di Indonesia, pemerintah membentuk program Posbindu PTM. Namun pemanfaatan Posbindu PTM di wilayah kerja Puskesmas Dalu Sepuluh belum mencapai target 100%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan Posbindu PTM pada masa Pandemi COVID-19 di wilayah kerja Puskesmas Dalu Sepuluh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah masyarakat yang usia 15-59 tahun di wilayah kerja Puskesmas Dalu Sepuluh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan dari 96 responden yang memanfaatkan Posbindu PTM sebanyak 80,2%. Variabel yang berpengaruh terhadap pemanfaatan Posbindu PTM adalah dukungan tenaga kesehatan (p=0,001), variabel jarak tempuh (p=0,001), dukungan keluarga (p=0,001), pengetahuan (p=0,005), dan dukungan kader kesehatan (p=0,005). Variabel yang tidak berpengaruh terhadap pemanfaatan Posbindu PTM adalah variabel status kesehatan (p=0,305). Hasil analisis multivariat variabel yang paling dominan adalah dukungan tenaga kesehatan (p =0,001<0,05 dan nilai Exp (β) atau OR = 11,318). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah variabel yang paling berpengaruh yaitu dukungan tenaga kesehatan dengan 11 kali lebih besar memanfaatkan Posbindu PTM pada masa Pandemi COVID-19. Disarankan kepada pihak Puskesmas untuk mensosialisasikan kegiatan Posbindu PTM guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan Posbindu terutama di masa Pandemi COVID-19 saat ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyakit tidak menular, Pemanfaatan, Posbindu, Pandemi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:35
Last Modified: 22 Dec 2022 04:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16687

Actions (login required)

View Item View Item