Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pemeriksaan HIV Oleh Ibu Hamil Pada Program Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Deli Tua Kabupaten Deli Serdang

Berutu, Nuranisa Karina (2022) Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pemeriksaan HIV Oleh Ibu Hamil Pada Program Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI NURANISA KARINA BERUTU.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI NURANISA KARINA BERUTU.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI NURANISA KARINA BERUTU.pdf

Download (797kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI NURANISA KARINA BERUTU.pdf

Download (902kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI NURANISA KARINA BERUTU.pdf

Download (728kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI NURANISA KARINA BERUTU.pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAPUS SKRIPSI NURANISA KARINA BERUTU.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia termasuk Negara dengan jumlah populasi terinfeksi HIV tertinggi di Asia Pasifik, dengan persentase ODHA terbanyak kedua ditemukan pada kelompok ibu hamil, dimana lebih dari 90% kasus anak terinfeksi HIV ditularkan melalui proses Mother To Child Transmission. Sebagai penanggulangannya Kemenkes RI mengeluarkan Permenkes No. 51 tahun 2013 tentang Pedoman Pencegahan Penularan HIV dari ibu ke anak. Namun pemanfaatan layanan Tes HIV di wilayah kerja Puskesmas Deli Tua belum mencapai target skrining sebesar 26,5%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pemeriksaan HIV oleh ibu hamil pada program KIA Puskesmas Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu hamil trisemester II dan III sebanyak 88 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan Cluster Random Sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square (α = 0,05). Hasil penelitian ini didapatkan variabel pengetahuan (Pvalue=0,001), sikap (Pvalue=0,001), dukungan suami (Pvalue=0,001), dukungan tenaga kesehatan (Pvalue=0,001), sarana dan prasarana (Pvalue=0,001), media promosi (Pvalue=0,001), dan persepsi kerentanan (Pvalue=0,001). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara semua variabel yang diteliti dengan pemanfaatan pemeriksaan HIV oleh ibu hamil. Diharapkan Dinkes Deli Serdang dan Puskesmas Deli Tua lebih mensosialisasikan kegiatan upaya pencegahan deteksi dini ini agar meningkatnya pemanfaatan pemeriksaan HIV oleh ibu hamil untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Pemeriksaan HIV, Ibu Hamil, Deli Serdang.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:16
Last Modified: 04 Oct 2023 04:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16672

Actions (login required)

View Item View Item