Peran Guru BK Dalam Memberikan Layanan Informasi Untuk Mempersiapkan Diri Siswa Memilih Sekolah Lanjutan di MTs N 2 Deli Serdang

Samosir, Nur Kamalia (2022) Peran Guru BK Dalam Memberikan Layanan Informasi Untuk Mempersiapkan Diri Siswa Memilih Sekolah Lanjutan di MTs N 2 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (519kB)
[img] Text
B.1.pdf

Download (182kB)
[img] Text
B.2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
B.3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
B.4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
B.5.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAPUS dan LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Peran Guru BK Dalam Memberikan Layanan Informasi Untuk Mempersiapkan Diri Siswa Memilih Sekolah Lanjutan di MTs Negeri 2 Deli Serdang” yang dilatarbelakangi bahwa adanya permasalahan siswa dalam hal memilih sekolah lanjutan setelah tamat dari MTs Negeri 2 Deli Serdang cukup memprihatinkan yaitu masih banyak siswa yang masih bingung dalam memilih sekolah lanjutan setelah tamat, kemudian masih kurang pemahaman dan juga kurang informasi siswa mengenai berbagai sekolah lanjutan, kemudian masih banyaknya siswa yang terpengaruh oleh teman-teman untuk memilih sekolah lanjutan, dan yang terakhir masih banyaknya orangtua siswa yang memaksa anaknya untuk memilih sekolah lanjutan sesuai dengan keinginan orangtuanya tanpa melihat minat dan juga kemampuan anaknya. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun metode yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru BK, dan Siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) telah terjadinya peningkatan ketuntasan pada siswa kelas IX yang masih kurang pengetahun dan kurang informasi dalam hal pemilihan sekolah lanjutan setelah tamat dari MTs Negeri 2 Deli Serdang, (2) penerapan layanan informasi yang berpusat pada siswa kelas IX positif dalam menumbuhkembangkan kerjasama antara guru dan siswa untuk memilih sekolah lanjutan setelah tamat dari MTs Negeri 2 Deli Serdang, (3) adanya kerjasama antara peran guru BK dengan guru wali kelas dalam memberikan layanan informasi untuk mempersiapkan diri siswa memilih sekolah lanjutan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :Guru BK, layanan informasi, sekolah lanjutan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:45
Last Modified: 21 Dec 2022 04:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16665

Actions (login required)

View Item View Item