Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry Terhadap Literasi Lingkungan Kelas X MAN Tanjungbalai Materi Ekosistem

Halimah, Halimah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry Terhadap Literasi Lingkungan Kelas X MAN Tanjungbalai Materi Ekosistem. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER 1.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap literasi lingkungan siswa kelas X MAN Tanjungbalai pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitafi dengan desain mengguakan quasi eksperimen pretest and posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yakni kelas X PMIPA 3 (Kelas Eksperimen) berjumlah 34 siswa dengan model pembelajaran argument driven inquiry dan X PMIPA 4 (Kelas Kontrol) berjumlah 34 siswa dengan metode ceramah atau konvensional. Instrumen penelitian ini berupa tes terdiri dari soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Analisis data Hasil belajar peserta didik mengguankan rumus uji ttest , juga dengan bantuan pengolahan data Spss 21. Data rata-rata pretest dan posttest hasil belajar pada kelas eksperimen masing masing adalah 46.08 dan 81.45 dan pada kelas kontrol adalah 45.50 dan 78.78. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample t-test menggunakan SPSS Versi 21. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa model pembelajaran argument driven inquiry berpengaruh terhadap literasi lingkungan siswa kelas X MAN Tanjungbalai pada materi ekosistem. model pembelajaran argument driven inquiry berpengaruh terhadap literasi lingkungan siswa pada aspek pengetahuan (teori dasar lingkungan) dengan t-test sebesar 0.004, dan pada aspek kognitif (analisis permasalah lingkungan) dengan t-test sebesar 0.021. Namun argument driven inquiry tidak berpengaruh terhadap literasi lingkungan siswa pada aspek sikap dengan nilai t-hitung 0.087. Dapat disimpulkan bawa model pembelajaran argument driven inquiry berpengaruh terhadap literasi lingkungan siswa kelas X MAN Tanjungbalai materi ekosistem.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Argument Driven Inquiry, Literasi Lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:21
Last Modified: 19 Dec 2022 03:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16637

Actions (login required)

View Item View Item