Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Terpencil, Tertinggal, dan Terluar di SD Negeri 117509 Poldung Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara

Juhri, Putri Anjuni (2022) Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Terpencil, Tertinggal, dan Terluar di SD Negeri 117509 Poldung Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover skripsi Putri Anjuni Juhri.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB I Putri Anjuni Juhri.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB II Putri Anjuni Juhri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
BAB III Putri Anjuni Juhri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV Putri Anjuni Juhri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB V Putri Anjuni juhri.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Putri Anjuni Juhri.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dilatarbelakangi oleh problematika pendidikan yang berada di sekolah terpencil, tertinggal, terluar. Salah satu problematika pendidikan tersebut terkaitoleh kendala yang di alami guru PAI dalam menerapkan pola pembelajaran yang efektif. Sehingga beberapa siswa menjadi malas dalam mengikuti proses pembelajaran, sulit untuk fokus dan memahami materi yang dijelaskan oleh pendidik. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu guru agama Islam yang mengajar di sekolah SD Negeri 117509 Poldung Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Informannya adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Kepala Sekolah, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan berdasarkan analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembelajaran yang digunakan guru PAI dalam menyampaikan materi yaitu menggunakan pola berhubungan atau menggunakan pola tradisional I. Tantangan yang dihadapi guru PAI dalam menerapkan pola pembelajaran yaitu siswa yang tidak bisa membaca. Dalam mentransfer ilmu guru PAI di sekolah terpencil tersebut mencari pola pembelajaran lain sebagai salah satu cara untuk menghadapi tantangan yang di dapati dalam proses belajar mengajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Pembelajaran, sekolah terpencil, kualitatif
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Dec 2022 14:47
Last Modified: 16 Dec 2022 14:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16634

Actions (login required)

View Item View Item