Hubungan Heat Stress Dengan Tekanan Darah Pada Pekerja Bagian Produksi Pabrik Kelapa Sawit Di PT. Sumber Sawit Makmur Laut Tador

Retno Dwi Yan, Retno Dwi Yan (2022) Hubungan Heat Stress Dengan Tekanan Darah Pada Pekerja Bagian Produksi Pabrik Kelapa Sawit Di PT. Sumber Sawit Makmur Laut Tador. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Skripsi PDF.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB 1 Skripsi PDF.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB 2 Skripsi PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB 3 Skripsi PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB 4 Skripsi PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB 5 Skripsi PDF.pdf

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi.pdf

Download (456kB)

Abstract

Salah satu kondisi lingkungan kerja yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan bagi pekerjanya adalah paparan panas yang ekstrim. Iklim kerja yang panas dapat menyebabkan beban tambahan bagi jantung untuk memompa darah sehingga terjadi peningkatan tekanan darah. PT. Sumber Sawit Makmur Laut Tador merupakan salah satu perusahaan perkebunan dan pengolahan kelapa sawit. Dalam melakukan kegiatan proses produksinya pada setiap stasiun, pekerja langsung berhubungan dengan lingkungan kerja yang memiliki suhu panas yang tinggi yang bersumber dari mesin-mesin. Jenis penelitian ini bersifat kuantitaif dengan metode penelitian quasy eksperimen serta design one group pre test & post test. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara iklim kerja panas dengan tekanan darah pada pekerja Pabrik Kelapa Sawit PT. Sumber Sawit Makmur Laut Tador tahun 2022. Jumlah populasi adalah seluruh pekerja bagian produksi di Pabrik Kelapa Sawit PT. Sumber Sawit Makmur yaitu sebanyak 63 orang dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, kondisi iklim kerja panas rata-rata melebihi nilai ambang batas (NAB). Hasil penelitian menggunakan uji korelasi pearson menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara iklim kerja panas dengan perubahan tekanan darah p value tekanan darah sistolik sesudah bekerja = 0.000 (p < 0,05) dan hasil uji korelasi p value tekanan darah diastolic sesudah bekerja = 0,000 (p < 0,05), sehingga menunjukkan ada hubungan antara iklim kerja panas dengan tekanan darah pekerja di Pabrik Kelapa Sawit PT. Sumber Sawit Makmur Laut Tador. Dari hasil penelitian disarankan kepada pihak perusahaan agar menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) pada pekerja berupa baju tahan panas, membuat POS UKK dan menyediakan air mineral bagi para pekerja, serta kepada para pekerja agar banyak mengonsumsi air mineral untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama bekerja, istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Dec 2022 14:20
Last Modified: 16 Dec 2022 14:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16632

Actions (login required)

View Item View Item